Menu
- Home
- Pemesanan
- Metode & Algoritma
- AHP
- Forward Chaining
- Backward Chaining
- GAP (Generic Acces Profile)
- Prifile Matching
- Teorema Bayes
- Case Based Reasoning (CBR)
- Dempher Shaper
- Fuzzy Logic
- Fuzzy Mamdani
- Generate And Test
- Ant Colony Optimization (ACO)
- Shortest Path Astar
- Algoritma ID3
- Algoritma C4.5
- Algoritma ANP
- Algoritma Indeks Davies-Bouldin SOM (Self Organizing Map)
- Algoritma Classification And Regression Trees (CART
- Algoritma Genetika
- Algoritma Genetika
- Source Code
- Katagori Skripsi
- Android
- Aplikasi
- Artificial Intellegence
- Backward Chaining
- Case Based Reasoning
- Flash MX
- Forward Chaining
- Game
- Java
- Java Android
- Kecerdasan Buatan
- Multimedia
- My-SQL
- Pengolahan Citra
- Security Komputer
- Sistem Informasi
- Sistem Informasi Goegrafis (GIS)
- Sistem Pakar
- Sistem Pendukung Keputusan (SPK)
- SMS Gateway
- Visual Basic (Dekstop)
- Web (PHP-MySQL)
- Project
- FAQ
- About
Separator
piramidaskripsi.com saat ini sudah beralih ke piramidaskripsi.net | Bagi Yang Butuh Program Web Custome Bisa ke Wa atau email biaya IDR-500-800K
Kamis, 01 September 2016
Pencarian Rute Terpendek Pariwisata Kota Menggunakan GIS Dengan Fungsi Shortest Path Astar
ABSTRAK
Sistem informasi geografis sebagai salah satu bidang ilmu yang tergolong baru, saat ini telah mampu menyelesaikan permasalahan routing, baik untuk masalah pencarian rute terpendek (shortest path), maupun masalah TSP (travelling salesman problem). Saat ini banyak dikembangkan aplikasi-aplikasi GIS baik yang berbasis desktop maupun berbasis web dalam berbagai bidang, seperti GIS untuk perencanaan tata ruang wilayah, GIS untuk pertanian, perdagangan, dan lain-lain. Namun demikian masih sedikit sekali pengembangan aplikasi GIS yang mampu menyelesaikan masalah perutean (routing) pada peta geografis, hal ini dimungkinkan karena masih sedikitnya referensi mengenai masalah routing untuk peta geografis.
Dalam skripsi ini akan dibangun aplikasi web-based GIS untuk menentukan rute terpendek pariwisata di kota malang, sehingga nantinya sistem aplikasi ini dapat membantu wisatawan untuk mengetahui jalan terpendek yang harus dilewati dari satu obyek wisata menuju obyek wisata yang lainnya. Aplikasi penentu rute terpendek ini dibuat menggunakan fungsi shortest path astar yang dimiliki modul pgRouting, yang merupakan fungsi tambahan dari PostgreSQL/PostGIS untuk menangani masalah routing pada peta geografis.
Aplikasi ini juga menggunakan mapscript sebagai modul yang digunakan untuk membuat fungsi dan class MapServer agar dapat dijalankan di PHP. Sedangkan MapServer sendiri adalah sebuah layanan untuk memproses dan menampilkan data spasial yang berasal dari database. Untuk sistem manajemen basisdatanya,
digunakan DBMS PostgreSQL/PostGis yang sudah mendukung tipe data spasial.
Dalam skripsi ini akan dibangun aplikasi web-based GIS untuk menentukan rute terpendek pariwisata di kota malang, sehingga nantinya sistem aplikasi ini dapat membantu wisatawan untuk mengetahui jalan terpendek yang harus dilewati dari satu obyek wisata menuju obyek wisata yang lainnya. Aplikasi penentu rute terpendek ini dibuat menggunakan fungsi shortest path astar yang dimiliki modul pgRouting, yang merupakan fungsi tambahan dari PostgreSQL/PostGIS untuk menangani masalah routing pada peta geografis.
Aplikasi ini juga menggunakan mapscript sebagai modul yang digunakan untuk membuat fungsi dan class MapServer agar dapat dijalankan di PHP. Sedangkan MapServer sendiri adalah sebuah layanan untuk memproses dan menampilkan data spasial yang berasal dari database. Untuk sistem manajemen basisdatanya,
digunakan DBMS PostgreSQL/PostGis yang sudah mendukung tipe data spasial.
Kata Kunci : Sistem Informasi Geografis, Mapserver, PostgreSQL/PostGIS, Shortest Path Astar, pgRouting
Download File :
Download Source Code Program :
Aplikasi Belajar Membaca Pada Anak Dengan Menggunakan Metode Glenn Doman
ABSTRAK
Metode Glenn Doman merupakan salah satu metode belajar membaca pada balita, dan saat ini metode Glenn Doman sangat digemari oleh masyarakat kita dalam mengajarkan putra-putri mereka membaca diusia yang sangat dini. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang rela mengeluarkan banyak uang untuk mengikut sertakan putra-putri mereka kursus membaca dengan metode Glenn Doman akan tetapi metode tersebut masih diterapkan secara manual dan belum terkomputerisasi kalaupun ada, aplikasi ini masih menggunakan bahasa Inggris yang kurang kondusif bagi masyarakat Indonesia dan tentu saja masyarakat Indonesia merasa enggan untuk menggunakan aplikasi tersebut.
Akan tetapi dalam penerapan metode glenn doman yang menggunakan media kertas atau sering disebut kegiatan flash card tersebut mengalami banyak kendala yang diantaranya banyak orang tua yang merasa tidak sempat membuat kartu-kartu tersebut terutama bagi orang tua yang mempunyai banyak kesibukan dan yang kedua terjadi kejenuhan atau kebosanan pada anak.
Untuk mengatasi kendala-kendala tersebut maka perlu adanya perubahan dari media kertas ke media pc yang dirasa sangat membantu dalam penerapan metode glenn doman, hal tersebut juga berdasarkan penelitian psikologi dari Jerman bahwa komputer dapat melatih konsentrasi pada anak dan dapat mengatasi kejenuhan pada anak .Selain itu, pc saat ini bukan lagi menjadi barang langkah dan merupakan barang hampir wajib yang hampir semua orang mempunyainya sehingga pengubahan media tersebut semakin memungkinkan untuk direalisasikan.
Akan tetapi dalam penerapan metode glenn doman yang menggunakan media kertas atau sering disebut kegiatan flash card tersebut mengalami banyak kendala yang diantaranya banyak orang tua yang merasa tidak sempat membuat kartu-kartu tersebut terutama bagi orang tua yang mempunyai banyak kesibukan dan yang kedua terjadi kejenuhan atau kebosanan pada anak.
Untuk mengatasi kendala-kendala tersebut maka perlu adanya perubahan dari media kertas ke media pc yang dirasa sangat membantu dalam penerapan metode glenn doman, hal tersebut juga berdasarkan penelitian psikologi dari Jerman bahwa komputer dapat melatih konsentrasi pada anak dan dapat mengatasi kejenuhan pada anak .Selain itu, pc saat ini bukan lagi menjadi barang langkah dan merupakan barang hampir wajib yang hampir semua orang mempunyainya sehingga pengubahan media tersebut semakin memungkinkan untuk direalisasikan.
Kata Kunci : Aplikasi, Metode Glenn Doman, Belajar Membaca
Download File :
Download Source Code Program :
Simulasi Pembacaan Gambar Plat Nomor Polisi Kendaraan Bermotor Dengan Metode Get Image Char
ABSTRAK
Pada Umumnya sistem pencatatan plat nomer mobil saat ini sudah baik, yaitu pencatatan manual plat nomor kendaraan yang dilakukan oleh kasir pada media karcis, yang terbaru saat ini mulai digunakan media kamera dan komputer namun tetap saja pencatatan plat nomer kendaraan masih dilakukan secara manual oleh kasir,
dengan melakukan pencatatan berulang kali pastilah timbul suatu kejenuhan yang dikhawatirkan akan mempengaruhi konsentrasi kasir dalam melakukan pencatatan plat nomer kendaraan.
Dalam proyek akhir ini dibuat sebuah sistem untuk membaca sebuah plat nomer dengan menggunakan metode Get Image Chars. Dalam system ini juga terdapat operasi negasi dan juga operasi cropping sebagai pendukung dari metode mendeteksi posisi plat nomer dengan metode Get Image Char. Operasi negasi berfungsi pada saat setelah image plat diinputkan maka image tersebut terlebih dahulu harus di negasikan yang kemudian dilakukan proses cropping setelah itu dilakukan proses Get Image Chars untuk merubah dari bentuk image plat motor menjadi teks atau karakter. Tingkat keberhasilan sistem pembacaan plat nomer motor adalah ±25% sampai ±100% dari 4 sample data yang sebelumnya telah ditentukan terlebih dahulu.
Kata Kunci : Pembacaan image jadi karakter, GetImageChars
Download File :
Download Source Code Program :
Langganan:
Postingan (Atom)